FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KELULUSAN UJI KOMPETENSI MAHASISWA PROFESI NERS STIKES JENDERAL ACHMAD YANI YOGYAKARTA
(1) STikes Ahmad Yani Yogyakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Penekanan pengembangan dan pembinaan pendidikan tinggi keperawatan di masa depan lebih diarahkan pada upaya meningkatkan mutu pendidikan, sehingga lulusan benar-benar menunjukkan sikap profesional, menguasai ilmu pengetahuan keperawatan dalam kadar yang memadai, serta menguasai keterampilan profesional keperawatan. Kompetensi seorang perawat adalah sesuatu yang ditampilkan secara menyeluruh oleh seorang perawat dalam memberikan pelayanan professional kepada klien, mencakup pengetahuan, keterampilan, dan pertimbangan yang dipersyaratkan dalam situasi praktik.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasi. Penelitian dilakukan di Stikes Jenderal Achmad Yani Yogyakarta. Penggunaan pendekatancross-sectional pada penelitian ini karena tidak adanya intervensi apa pun dan pengambilan data dilakukan sekali waktu. Hasil penelitian didapatkan faktor IPK S1 keperawatan p 0,002 dengan r 0,836 ada hubungan, IPK ners p0,106 tidak ada hubungan, sarana prasarana akademik p 0,001 dengan r 1 ada hubungan, faktor lingkungan p 0,807 tidak ada hubungan, tingkat spiritual p0,617 tidak ada hubungan, tipe kepribadian p 0,846 tidak ada hubungan, tingkat kecemasan p 0,143 tidak ada hubungan, jenis kelamin p 1,0 tidak ada hubungan, dan program peminatan p 0,976 tidak ada hubungan.Faktor yang mempengaruhi kelulusan uji kompetensi adalahg IPK akademik S1 keperawatan dan sarana prasarana akademik.
Full Text:
PDFReferences
UU Keperawatan tahun 2014. Praktik Keperawatan. Nomor 38. Jakarta
Abdillah, A. 2016. Faktor-faktor yang mempengaruhi kelulusan uji kompetensi ners Indonesia. JPAP. Vol 2 No 2. 373-380
Iskandar, 2016. Faktor-faktor yang memengaruhi keberhasilan belajar mahasiswa pada model pembelajaran student centered learning di Stikes Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.
Kurikulum PSIK, (2010-2014). Kurikulum Program Studi Ilmu Keperawatan Stikes Jenderal Achmad Yani Yogyakarta. Yogyakarta
Permendikbud tahun 2014. Standar nasional pendidikan tinggi. No 49. Jakarta
Krentzman, A. R. Spirituality Definition. 2016. Diakses via http://www.takingcharge.csh.umn.edu/enhanceyourwellbeing/purpose/spirituality
Spiritual Science Research Foundation. The Scale of Spiritual Level. 2013. Diakses via http://www.spiritualresearchfoundation.org/spiritual-practice/spiritual-growth/spiritual-level
Permatasari, D. Hubungan tingkat spiritualitas dengan motivasi sembuh pasien kritis di RSUD Dr. Moewardi Surakarta. Skripsi. 2016. Departemen Keperawatan Fakultas Kedokteran, UNDIP, Semarang, 2017.
Stanley, M., & Beare, P. G.. Buku Ajar Keperawatan Gerontik. Jakarta: EGC. 2006
Suryabrata, S. Psikologi kepribadian, Raja grafindo persada: Jakarta. 2015
Sabri, M. Hubungan Antara Tipe Kepribadian Introvert dengan Ekstrovert pada Mahasiswa UII Jogjakarta. 2001. Skripsi. Tidak dipublikasikan
Stuart, Gail W. Buku Saku Keperawatan Jiwa (Edisi 5). Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC. 2007
Sutardjo W.. Pengantar Psikologi Abnormal. Bandung: Refika Aditama. 2005.
Amir, Iryani, dan Isrona, Hubungan Tingkat Kecemasan dalam Menghadapi Objective Structured Clinical Examination (OSCE) dengan Kelulusan OSCE pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. Jurnal Kesehatan Andalas. Vol 5 No 1. 2016.
Yanti dan Warsito, 2013. Hubungan karakteristik perawat, motivasi, dan supervisi dengan kualitas dokumentasi proses asuhan keperawatan. Jurnal Manajemen Keperawatan. Volume 1 Nomor 2 2013.107-114
Ilyas. 2001. Teori, Penilaian dan Penelitian Kinerja. Cetakan Kedua. Jakarta: Pusat Kajian Ekonomi Kesehatan FKM-UI.
DOI: https://doi.org/10.52822/jwk.v2i2.48
Refbacks
- There are currently no refbacks.
___________________________________________________________________
Jurnal Wacana Kesehatan
ISSN 2088-5776 (print) | 2541-6251 (online)
Managed by: Research and Community Service Institute
Published by: Akademi Keperawatan Dharma Wacana Metro
W: https://www.jurnal.akperdharmawacana.ac.id/
E: lppmakdw@gmail.com
This work is licensed Under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.