STRESS DAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PROFESI KEPERAWATAN

Ikhwan Amirudin1* Evan Rangga2
(1) Program Studi Ilmu Keperawatan STIKes Aisyah Pringsewu
(2) Program Studi Ilmu Keperawatan STIKes Aisyah Pringsewu
(*) Corresponding Author

Abstract

Profesi merupakan sebuah pekerjaan yang ideal dan mengacu pada suatu sekelompok ilmu yang tidak pasti tetapi ada, sedangkan profesi keperawatan menjadi bagian dari profesi dan harus dilalui melalui program pendidikan ners.Untuk mencapai profesi dapat ditempuh melalui pendidikan. Proses pendidikan tersebut memerlukan energy dan kesiapan mental yang berdampak pada psikologi seseorang bahkan memicu munculnya stress. Bahkan pendidikan yang ingin di capai untuk menyelesaikan proses belajar dengan baik, maksimal dan tepat waktu dibutuhkan motivasi yang kuat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan tingkat stress dengan motivasi belajar pada mahasiswa profesi ners di rumah sakit RSUD Dr. H Abdoel Moeloek tahun 2019. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif, dengan Pendekatan penelitian yang digunakan adalah cross sectional. Populasi dalam penelitian adalah mahasiswa profesi ners yang praktik di RSUD Dr.H Abdul Moeloek dan sampel penelitian ini berjumlah 154 orang. Variabel penelitian ini adalah Tingkat stress dan motivasi belajar. Jenis uji yang digunakan uji gamma.. Hasil analisis didapatkan nilai p-value 0,058 (p-value >0,05) sehingga didapatkan kesimpulannya bahwa tidak ada hubungan tingkat stress dengan motivasi belajar mahasiswa profesi keperawatan

Keywords


Tingkat stress, Motivasi Belajar

Full Text:

PDF

References


Santrock, J.W.,2007.Psikologi pendidikan. Edisi ke-2.Jakarta:Prenada Media Group.

Putra, N.,2015. Hubungan tingkat stres akademik terhadap hasil belajar mahasiswa tahun pertama blok basic science 1 Fakultas Kedokteran Universitas Lampung.

Rice, P.L.,1999. Stress and health.California: Brooks/Cole Publishing.

Sary, Y.N.E.,2015. Buku ajar psikologi pendidikan.Yogyakarta: Parama Publishing

Volmer, H.M., and Mills, Donald L (1972)., professionalication, prentice-Hall, inc., new jersey.

Ifdil. I. (2015) Kondisi Kecemasan Lansia di panti sosial Tresna Werdha sabai nan aluih (PSTW) Sicincin

Alimul, Hidayat A.A. (2008). Metode Penelitian Kebidanan dan Teknik Analisa Data. Jakarta: Salemba Medika.

Hardjana A.M (2002) Komunikasi interpersonal & komunikasi interpersonal. Yogyakarta : penerbit kanisius

Deyisi Pratiwi. A. Demolingo Flora.k. Mario Katu (2018)., Hubungan stress dengan motivasi belajar pada mahasiswa semester V program studi ilmu keperawatan fakultas kedokteran universitas SAM Ratulangi manado

Olejnik, S.N. & Holschuh J.P., 2007. College rules! How to study, survive, and succeed. Edisi ke-3. New York: Ten Speed Press

Fernández-González, L., González-Hernández, A. & Trianes-Torres, M.V., 2015. Relationships between academic stress, social support, optimism-pessimism and self-esteem in college students. Electronic Journal of Research in Educational Psychology. 13(1):111–30.

Augesti, G.,2015. Perbedaan tingkat stres antara mahasiswa tingkat awal dan tingkat akhir Fakultas Kedokteran Universitas Lampung.

Rucker, J. 2012. The relationship between motivation, perceived stress and academic achievement in students. Enschede: University of Twente.

Notoatmodjo. 2010. Metode penelitian kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta

Mahmud, R. (2016). Pola Stress Pada Mahasiswa Praktikum (Skripsi Fakultas Psikologi Univeristas Muhammadiyah Surakarta). Diunduh dari :http://eprints.UniveristasMuhammadiyah Surakarta.ac.id/45691/

Goff, A.M. (2011). Stressor, Academic performance and learned resource fullness in baccalaureate nursing student.International Journal of NursingEducation Scholarship. 923 –1548

Misra,& Mc Kean (2000). Collage students’ academic workloads and use of coping strategies by university students, journal of Behavioral sciences. Vol 20

Saam,& Wahyuni Sri. (2013). Psikologi Keperawatan. Jakarta : rajawali pers

Rahmawati. (2012) Perilaku hidup bersih dan sehat(PHBS). Yogyakarta: Nuha Medika.

Lazarus. R. S & Folkman, s. 1984. Stress, Apraisal, and coping. New York : springer publishing company

Rahmayanti , N . (2010) Manajemen pelayanan prima Yogyakarta: pustaka belajar

Abdulghani, H.M.,2008. Stress and depression among medical students: A cross sectional study at a medical college in saudi arabia. Pakistan Journal of Medical Sciences.24(1):2–17




DOI: https://doi.org/10.52822/jwk.v4i1.94

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




___________________________________________________________________
Jurnal Wacana Kesehatan
ISSN 2088-5776 (print) | 2541-6251 (online)
Managed by: Research and Community Service Institute
Published by: Akademi Keperawatan Dharma Wacana Metro
W: https://www.jurnal.akperdharmawacana.ac.id/
E: lppmakdw@gmail.com

 This work is licensed Under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Creative Commons License