EKSPLORASI EVALUASI METODE PROBLEM BASED LEARNING MELALUI PENDEKATAN SEVEN JUMP METHOD PADA MAHASISWA KEPERAWATAN
(1) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Metode pembelajaran Student Centered Learning merupakan metode yang berfokus pada mahasiswa. Salah satunya dengan pendekatan metode problem based learning (PBL) melalui metode seven jump. Metode PBL telah diterapkan di beberapa institusi pendidikan kesehatan dan non kesehatan. Metode PBL lebih efektif apabila diterapkan dipendidikan keperawatan karena dapat meningkatkan penilaian kognitif dan skill keperawatan sesuai dengan kasus yang diperoleh. Namun, metode PBL juga memiliki kekurangan yaitu membuat jenuh peserta didik dan peran tutor yang kurang intensif. Tujuan penelitian ini untuk mengeksplorasi evaluasi metode PBL melalui pendekatan seven jump method pada mahasiswa keperawatan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Metode pengambilan data dilakukan pada 5 informan dari mahasiswa Fakultas Ilmu Keperawatan Unissula dengan dilakukan wawancara semiterstruktur dengn waktu 20-30 menit. Hasil penelitian didapatkan dua tema penelitian diantaranya yaitu, pelaksanaan metode PBL dan Eksplorasi Evaluasi Mahasiswa terhadap Sistem Pelaksanaan PBL. Kesimpulan penelitian bahwa metode PBL mellui pendektan seven jump memberikan dampak positif bagi mahasiswa, dengan metode ini  mahasiswa menjadi lebih mandiri dalam mencari solusi permasalahan sesuai kasus keperawatan ynag diberikan. Peran tutor secara intensif diperlukan agar diskusi dengan metode PBL membuat mahasiswa menjadi lebih aktif sert perlunya refreshing palatihan tutor agar dalam berdiskusi tutor memberikan maasukan sesuai dengan referensi yang bereputasi.
Â
Kata kunci: Student centered learning, Problem based learning, seven jump
Â
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Daouas, et al (2012). Problem-Based Learning. Diakses dari https://www.researchgate.net/publication/275715333
Caesario, Michael. (2010). Medical Students’ Experience with Problem Based Learning in Asia: A Literature Review. The Journal of the Indonesian Medical Student’ Association.Vol. I. No. 01. 2010. Hal. 21
Idowu, Yewande et al. (2016). Problem-Based Learning Case Writing by Students Based on Early Years Clinical Attachments: A Focus Group Evaluation. Journal of the Royal Society of Medicine Open; 0(0) 1–8. DOI: 10.1177/2054270415622776
Shin, In & Kim, Jung Hee. (2013). The Effect Of Problem-Based Learning in Nursing Education: A Meta-Analysis. Adv in Health Sci Educ (2013) 18:1103–1120. DOI 10.1007/s10459-012-9436-2
McKenzie, Barbara & Brown, Alyson. (2017). Exploring a Problem-Based Learning Approach in Pharmaceutics. Journal of Pharmacy. doi:10.3390/pharmacy5030053
Wahyuningsih & Santoso. (2013). Pengalaman Mahasiswa S1 Keperawatan Dalam Metode Pembelajaran Problem Based Learning. Prosiding Konferensi Nasional PPNI Jawa Tengah.
Nursalam dan Ferry Efendi. (2008). Pendidikan dalam Keperawatan. Jakarta. Salemba Medika
DOI: https://doi.org/10.52822/jwk.v3i2.80
Refbacks
- There are currently no refbacks.
___________________________________________________________________
Jurnal Wacana Kesehatan
ISSN 2088-5776 (print) | 2541-6251 (online)
Managed by: Research and Community Service Institute
Published by: Akademi Keperawatan Dharma Wacana Metro
W: https://www.jurnal.akperdharmawacana.ac.id/
E: lppmakdw@gmail.com
 This work is licensed Under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.