PERSEPSI MAHASISWA KEPERAWATAN MENGENAI PEMIMBINGAN KLINIK DI AKPER DHARMA WACANA METRO

Apriyanti Apriyanti1*
(1) Akademi Keperawatan Dharma Wacana Metro
(*) Corresponding Author

Abstract

Memasuki era Masyarakat Ekonomi Asia (MEA), melahirkan tuntutan akan pelayanan kesehatan yang profesional. Bentuk pelayanan profesional ini diberikan oleh perawat yang memiliki kemampuan, sikap dan kepribadian yang sesuai dengan tuntutan profesi keperawatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa keperawatan mengenai bimbingan klinik di Akper Dharma Wacana Metro. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif non eksperimental dengan pendekatan cross sectional. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 67,7 % responden ingin pembimbing meluangkan waktu untuk evaluasi dirinya dengan mahasiswa. Sebanyak 67,7 % responden setuju metode tim dan studi kasus selalu dilakukan dalam bimbingan klinik namun 67,7 % responden menyatakan metode bed side teaching tidak selalu dipraktikkan. 90,3% responden menyatakan lahan klinik memiliki keanekaragaman kasus dan pasien serta 33 % responden menyatakan staf keperawatan di lahan praktek klinik kurang mampu memberikan pelayanan keperawatan yang efektif kepada pasien. Dalam proses pembimbingan perlu dilakukan perpaduan metode diantaranya adalah metode bed side teaching, metode observasi, studi kasus dan metode tim. Disamping itu tersedianya fasilitas fisik, pembimbing klinik, keanekaragaman kasus dan jumlah pasien serta manajemen keperawatan yang baik di lahan praktik turut memberikan kontribusi dalam proses pendidikan klinik bagi profesi keperawatan.      

Full Text:

PDF

References


Gaffar J. (1999). Pengantar keperawatan profesional. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC.

Marr,H & Giebing, H. (2001). Penjaminan kualitas dalam keperawatan: konsep metode dan studi kasus. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC.

Nursalam. (2002). Manajemen Keperawatan: aplikasi dalam praktik keperawatan professional. Jakarta: Salemba Medika.

Oermann R. (1985). The clinical field, it is using in nursing education. Connectiont: Appleton – Century – Crofts.

Bastable, S.B. (2002). Perawat sebagai pendidik, prinsip – prinsip pengajaran dan pembelajaran. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC.

Tang F, Chou S, Chiang H. Student’s perception of effective dan ineffective clinical instructors. Journal of nursing education. Vol 44.

Nurachmah, Elly. dkk. The relationship between learning methods, participatio of nurse educatior, and the student’s clinical performance as perceived by S1 nursing education. E:/JURNAL PENELITIAN/Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia. htm.

Kozier E & Oliveri. (1991). Fundamental of nursing: concepts, process and practice. Four Edition. California: Addison Wesley..

Rahmat, J. (1986). Psikologi komunikasi. Bandung: Rendja RK Karya.

Atkinson, R.L. () Pengantar psikologi. Jilid I, Edisi II. Alih Bahasa: Dr. Widjaya Kusuma. Batam: Interaksa

Taylor, L & La Mone. (1997). Fundamental of nursing: the art and science of nursing care. B.Third Edition. Philadelphia: Lippincott.

Notoadmodjo, S. (2003). Ilmu kesehatan masyarakat: prinsip – prinsip dasar. Jakarta: PT. Rinea Cipta.

Arikunto. (1995). Prosedur penelitian, suatu pendekatan praktek. Edisi Revisi V. Jakarta: Pamatorn Pressindo.

Thantowi. (1995). Manajemen bimbingan dan konseling. Jakarta: Pamatorn Pressindo.

Abroza, A. (2004). Bimbingan dan konseling. Semarang: Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran UNDIP.

Aziz, A.H. (2002). Pengantar pendidikan keperawatan. Jakarta: CV Agung Seto.

___________. (2000). Clinical Training skills. Jakarta: Choachity Skills.

Hidebrand, W.D. (1971). Evaluating university teaching. Berkeley, California: Center for Rersearch and Development in Higher Education.

Purwanto, N. (2002). Pskiologi pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Hamalik, O. (2003). Perencanaan pengajaran berdasarkan pendekatan sistem. Jakarta: Bumi Aksara.

Depertemen Kesehatan RI. ( ). Pedoman pengajaran klinik bagi isntruktur klinik PBB. Jakarta: Pusdiknakes.

Sudarsono R.S. (1999). Semiloka bimbingan klinik pada mata ajar keperawatan medikal bedah. Jakarta: FIK UI.

Pujiastuti, S. E. (1998). Hasil pelatihan pembelajaran klinik bagi mahasiswa akademi keperawatan di Indonesia. Jakarta: Pusat Pendidikan Tenaga Kesehatan Departemen Kesehatan RI.




DOI: https://doi.org/10.52822/jwk.v2i2.53

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




___________________________________________________________________
Jurnal Wacana Kesehatan
ISSN 2088-5776 (print) | 2541-6251 (online)
Managed by: Research and Community Service Institute
Published by: Akademi Keperawatan Dharma Wacana Metro
W: https://www.jurnal.akperdharmawacana.ac.id/
E: lppmakdw@gmail.com

 This work is licensed Under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Creative Commons License