Gambaran Motivasi Belajar Mahasiswa pada Pembelajaran Online Selama Masa Pandemik Covid-19 di Akper Dharma Wacana
(1) akper dharma wacana
(2) akper dharma wacana
(3) akper dharma wacana
(4) akper dharma wacana
(*) Corresponding Author
Abstract
Pandemi Covid-19 berdampak pada dunia pendidikan, termasuk pendidikan tinggi. Adanya wabah virus corona ini menghentikan kegiatan belajar mengajar tatap muka dan digantikan oleh pembelajaran secara online. Hasil belajar kognitif mahasiswa selama Pandemi menunjukkan rata rata nilai cukup sebanyak 33,2%, sedang 37,5%, dan baik 29,3%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran motivasi belajar mahasiswa pada pembelajaran online selama masa Pandemi Covid-19. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian deskriptif. Penelitian ini melibatkan seluruh mahasiswa Akper Dharma Wacana tingkat I, II dan III pada bulan Oktober 2020 sampai dengan Maret 2021. Teknik pengumpulan data menggunakan quisioner melalui google formulir. Teknik analisa data menggunakan persentase yang dihitung dari setiap indikator. Hasil penelitian mahasiswa pada pembelajaran online selama masa Pandemik Covid-19 ini sangat baik dengan skor 86,73%. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi gambaran motivasi bagi mahasiswa untuk meningkatkan motivasi belajar dan menjadi bahan evaluasi untuk menciptakan pembelajaran online yang efektif di tengah pandemic Covid 19. Penelitian ini menunjukkan bahwa adanya Pandemi Covid 19 tidak berpengaruh terhadap motivasi belajar mahasiswa
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Emda, A. (2018). Kedudukan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172-182.
Sahu, P. (2020). Closure of universities due to Coronavirus Disease 2019 (COVID-19): impact on education and mental health of students and academic staff. Cureus, 12(4).
Sintema, E. J. (2020). Effect of COVID-19 on the Performance of Grade 12 Students: Implications for STEM Education. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 16(7), 1–6.
Dhull, I., & Sakshi. (2017). Online Learning. International Education & Research Journal (IERJ), 3(8), 32-34.
Rimbarizki, R. (2017). Penerapan Pembelajaran Daring Kombinasi Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Paket C Vokasi di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Pioneer Karanganyar. J+ PLUS UNESA, 6(2)
Hamzah B. U. (2011). Teori motivasi dan pengukurannya, analisis di bidang pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Uno, B. H. (2016). Teori Motivasi Dan Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Arifin, Z. (2018). Meningkatkan hasil belajar dengan strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 2(2), 42.
Selvi, K. (2010). Motivating factors in online courses. Procedia-social and behavioral sciences, 2(2), 819-824.
Fitriyani, Y., Fauzi, I., & Sari, M. Z. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 6(2), 165-175.
Fridaram, O., Istharini, E., Cicilia, P. G. C., Nuryani, A., & Wibowo, D. H. (2020). Meningkatkan Konsentrasi Belajar Peserta Didik dengan Bimbingan Klasikal Metode Cooperative Learning Tipe Jigsaw. Magistrorum Et Scholarium: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 161-170.
Sulikatin, S. (2017). Upaya Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar IPA Materi Usaha Dan Energi Melalui Pembelajaran Dengan Pendekatan Kooperatif Bagi Siswa Kelas VIII. A SMP Negeri 4 Bae Kudus. Jurnal Profesi Keguruan, 3(1), 119-128.
Lee, J., & Martin, L. (2017). Investigating Students’ Perceptions of Motivating Factors of Online Class Discussions. International Review of Research in Open and Distance Learning, 18(5), 148–172.
Schmidt, G. B. (2019). The need for goal-setting theory and motivation constructs in Lean management. Industrial and Organizational Psychology, 12(3), 251-254.
Eryadini, N., Nafisah, D., & Sidi, A. (2020). Psikologi belajar dalam penerapan distance learning. Jurnal pendidikan dan pengabdian masyarakat, 3(3).
Nurhayati, E. (2019). Penerapan Buku Saku dengan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pasca Gempa Bumi. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 5(2), 94–99
Kesuma, D., dkk. (2011). Pendidikan Karakter: Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sepita, S. F., & Suryanti, S. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa Pada Mata Kuliah Limnologi. Journal of Research and Education Chemistry, 2(2), 102-102.
Aziz. (2016). Reward Punishment Sebagai Motivasi Pendidikan. Jurnal Cendekia, Vol 14 No 2.
Rostina, S. (2016). Kaitan antara gaya belajar, kemandirian belajar, dan kemampuan pemecahan masalah siswa SMP dalam pelajaran matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 8 (1), 31-40.
Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran daring sebagai upaya study from home (SFH) selama pandemi covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 496-503.
Mather, M., & Sarkans, A. (2018). Student perceptions of online and face-to-face learning. International Journal of Curriculum and Instruction, 10(2), 61-76.
Slameto. (2010). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Haqien, D., & Rahman, A. A. (2020). Pemanfaatan zoom meeting untuk proses pembelajaran pada masa pandemi covid-19. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 5(1).
Asiyah, A., Walid, A., & Kusumah, R. G. T. (2019). Pengaruh Rasa Percaya Diri Terhadap Motivasi Berprestasi Siswa pada Mata Pelajaran IPA. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 9(3), 217-226.
Mustari, M. (2014). Nilai Karakter Refleksi untuk Pendidikan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
DOI: https://doi.org/10.52822/jwk.v6i2.280
Refbacks
- There are currently no refbacks.
___________________________________________________________________
Jurnal Wacana Kesehatan
ISSN 2088-5776 (print) | 2541-6251 (online)
Managed by: Research and Community Service Institute
Published by: Akademi Keperawatan Dharma Wacana Metro
W: https://www.jurnal.akperdharmawacana.ac.id/
E: lppmakdw@gmail.com
This work is licensed Under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.