PENGARUH VICARIOUS EXPERIANCE TERHADAP MOTIVASI KADER DALAM KEGIATAN POSYANDU

Nevi Hasrati Nizami1* Inda Mariana Harahap2 Syarifah Atika3 Dara Ardhia4
(1) Bidang Keperawatan Anak Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala Banda Aceh
(2) Bidang Keperawatan Anak Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala Banda Aceh
(3) Bidang Keperawatan Keluarga Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala Banda Aceh
(4) Bidang Keperawatan Anak Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala Banda Aceh
(*) Corresponding Author

Abstract

Vicarious experiance merupakan salah satu metode untuk mengelola individu untuk mampu mengatasi masalahnya sendiri melalui pengalaman orang lain baik kesuksesan dan kegagalan yang pernah dialami sehingga mempengaruhinya untuk menjalankan tugasnya dengan baik. Penelitian quasi-experimental design ini menggunakan pendekatan pre and post test dengan dua kelompok yaitu kelompok kontrol dan kelompok intervensi. Sampel terdiri dari 140 responden yang dipilih secara total sampling (70 responden kelompok intervensi dan 70 responden kelompok kontrol). Hasil penelitian menunjukkan mayoritas responden adalah berusia 36-45 tahun (68.6% kelompok intervensi dan 51.4% kelompok kontrol), tingkat pendidikan SMA (62.9% kelompok intervensi dan 67.1% kelompok kontrol) dan lama pekerjaan < 5 tahun (44.3% kelompok intervensi dan 58.6% kelompok kontrol).  Analisis hasil penelitian juga menunjukkan vicarious experiance berpengaruh terhadap motivasi kader (p=0.000), pada kader posyandu di Puskesmas Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa vicarious experiance  bermanfaat bagi kader posyandu untuk meningkatkan motivasi dalam mejalankan kegiatan posyandu disetiap desa.

Keywords


vicarious experiance, Motivasi, Kader Posyandu

Full Text:

PDF

References


Kemenkes R.I. (2011). Buku Panduan Kader Posyandu, Jakarta. Kementrian Kesehatan R.I

Kemenkes R.I. (2012). Pedoman Umum Pengelolaan Posyandu. Jakarta. Departemen Kesehatan R.I

Kemenkes RI. (2017). Kemenkes, Profil Kesehatan Indonesia 2017. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Kementrian Kesehatan R.I

Barri, Phatul & Rachmalia. (2016). Peran Kader dalam Kegiatan Posyandu. Diunduh di http://jim.unsyiah.ac.id/FKep/article/view/1445

Sari, V. Y., & Hartati, S. (2019). Pelaksanaan Kegiatan Posyandu dalam Meningkatkan Kesehatan Batita di Tanjung Batang , Kapas , Inderapura Barat. Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 4(8), 1–8. https://doi.org/14421/goldenage.2019.43-01

Hidayat, AA. (2007). Riset Keperawatan Teknik Penulisan Ilmiah, Edisi ke 1.. Jakarta: Salemba Medika

Swanburg, R. (2000). Pengantar kepemimpinan dan manajemen keperawatan untuk perawat klinis. Jakarta : EGC

Uno, Hamza B. (2010). Teori motivasi & pengukurannya: analisis di bidang pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara

Benawa, Arcadius. (2018). The important to growing self-efficacy to improve achievement motivation. Published under licence by IOP Publishing Ltd, IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, Volume 126, Friendly City 4 'From Research to Implementation For Better Sustainability' 11–12 October 2018, Medan, Indonesia.

Nurhidayah, I., Hidayati, N. O., & Nuraeni, A. (2019). Revitalisasi Posyandu melalui Pemberdayaan Kader Kesehatan, MKK : Volume 2 No 2 November 2019 Pendahuluan Pemeliharaan dan perawatan kesejahteraan ibu dan anak sejak usia dini , merupakan suatu strategi dalam upaya pemenuhan pelayanan dasar yang meliputi p. 2(2), 145–157.

Bandura, A. 1997. Self Efficacy: The Exercise of Control. New York : W.H. Freeman and Company

Lenz, E.R & Baggett, L. M. 2002. Self Efficacy in Nursing: Research and Measurement Perspectives. New York: Sringer Publishing Compan

Billiny, A. S., & Purwanto, E. (2020). Jurnal Bimbingan Konseling The Use of Vicarious Experience and Enactive Mastery Experience to Improve Career Decision Making in Group Counseling. 9(2), 113–117.

Schunk, Dale. Learning Theories: An Educational Perspective, Pearson eText with Loose-Leaf Version -- Access Card Package, 7th Edition. Boston : Pearson Education, Inc.

Bandura, A. 1989b. Social Cognitive Theory. Annals of Child Development

Saepuddin, E., Rizal, E., & Rusmana, A. (2018). Posyandu Roles as Mothers and Child Health Information Center. Record and Library Journal, 3(2),201. https://doi.org/10.20473/rlj.v3-i2.2017.201-208




DOI: https://doi.org/10.52822/jwk.v5i1.116

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




___________________________________________________________________
Jurnal Wacana Kesehatan
ISSN 2088-5776 (print) | 2541-6251 (online)
Managed by: Research and Community Service Institute
Published by: Akademi Keperawatan Dharma Wacana Metro
W: https://www.jurnal.akperdharmawacana.ac.id/
E: lppmakdw@gmail.com

 This work is licensed Under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Creative Commons License